.

rss

translate to your language

Kamis, 12 Agustus 2010

Cara Membersihkan Sepatu !

cb mania....!

• Bersihkan sepatu secara teratur
Membersihkan sepatu secara teratur sangat penting untuk menjaga sepatu tetap mulus. Penyimpanan sepatu dalam kotak sebaiknya dilakukan setelah sepatu diangin-anginkan beberapa saat dan dibersihkan. Tentu saja, sepatu bersih tampak jauh lebih cantik daripada sepatu mahal yang dekil dan tampak kumal.

SHOES TO CARE
Sepatu berbahan kulit lembut
Bersihkan debu dan kotoran pada permukaan sepatu dengan sikat semir (shoeshine) atau kain lembab. Anda juga bisa menggunakan semir dengan menggunakan sikat atau kain untuk mengoleskannya pada kulit. Hasil terbaik dapat diperoleh bila Anda membiarkan semir bekerja semalam dalam ruangan hangat. Kemudian Anda bisa menggosoknya dengan sikat sepatu (sikat bulu kuda). Semir sepatu (cream or paste polish) melembabkan kulit lembut dan membuat kulit sepatu tetap flexible, meresap dalam kulit dan memberi kesempatan kulit untuk ‘bernafas’. Sementara semir yang mengandung lilin (wax polish) mengilapkan kulit jauh lebih baik dari cream, tetapi membuat kulit sepatu jadi kering.

Sepatu Suede atau Nubuck
• Gunakan hanya produk pembersih sepatu yang tak mengandung lilin untuk sepatu berbahan suede. Kulit suede memiliki bulu-bulu lembut pada permukaannya. Jadi, bila Anda menggunakan pembersih berbahan lilin, maka bulu-bulu ini akan saling menempel, dan hasilnya akan tampak ‘menggelikan’, sama sekali tak indah dipandang.
• Untuk semua kulit berpermukaan kasar, sebaiknya gunakan produk perawatan semprot. Usapkan perlahan penghapus pensil pada bagian yang ternoda untuk membersihkan karat atau noda kering. Atau, Anda juga bisa memanfaatkan dngan hati-hati kertas amplas lembut yang bisa diperoleh di toko sepatu.Noda minyak dapat dibereskan dengan bubuk kapur yang ditaburkan dan didiamkan sekitar dua jam, sebelum kemudian dibersihkan.
• Setelah semua noda lenyap, sikatlah keseluruhan sepatu dengan sikat suede agar sepatu tampak tak belang. Bisa juga Anda semprotkan pelindung kulit suede sebelum Anda gunakan lagi.

Sepatu kulit keras
Celupkan kain katun lembut dalam air hangat dengan sabun, lalu peraslah. Bersihkan sepatu dengan kain ini, tetapi jangan biarkan sepatu jadi basah. Bekas-bekas jari dapat dihilangkan dengan kain dan sedikit cuka. Dan sepatu bisa dikilapkan kembali dengan kain katun lembut.

Sepatu Kain
Sepatu kain atau sepatu berbahan rajutan tekstil fiber dapat dibersihkan dengan menyemprotkan semprotan pembersih kain. Biarkan pembersih kering hingga memunculkan bubuk sisa, lalu bersihkan dengan sikat keras.

Sepatu Bau
Bila setelah dipakai berkali-kali sepatu Anda memunculkan bau-bauan tak sedap, Anda dapat menyemprotkan air freshener pada sepatu. Semprotkan setelah beberapa saat sepatu diangin-anginkan. Jangan sungkan pula untuk mengganti bantalan sepatu (insoles) usang dengan yang baru.

Sepatu Basah
Bila sepatu Anda basah, segera tiriskan dengan meletakkan kertas koran dalam sepatu. Letakkan sepatu dalam posisi miring, atau dalam posisi berdiri agar lebih cepat kering. Kalau hanya sedikit basah atau lembab, Anda dapat menyelipkan shoetree agar sepatu lekas kering. Awas! Jangan coba untuk mempercepat proses pengeringan dengan pengering rambut (hairdryer) atau dengan meletakkan sepatu di atas pemanas (heater). Cara ini justru akan membuat bahan kulit menjadi keras dan tak lentur, serta meninggalkan bekas-bekas basah yang tak sedap dipandang.

Bekas Permen Karet
Untuk menghilangkan permen karet di sepatu (tergantung bahan sepatu), sebaiknya Anda membungkus sepatu dengan handuk, dan membiarkan bagian yang terkena permen karet tidak terlindung handuk. Letakkan sepatu di lemari pendingin, hingga permen karet menjadi keras dan beku. Kemudian gunakan pisau untuk membuang permen karet beku.

Aneka Semir
Semir berbentuk cream dan paste yang bekerja dengan baik untuk segala jenis kulit lembut dan mengilap, menambah kelembaban sepatu dengan cara meresap ke sepatu. Karena peresapan inilah, semir jenis ini menyamarkan goresan dan cacat-cacat serupa. Semir berbentuk paste lebih tahan lama manfaatnya, tetapi cukup repot dan berantakan saat digunakan. Sementara cream yang cukup tahan lama dan penggunaannya pun tak terlalu berantakan, lebih menyediakan banyak pilihan warna
Wax shoe polishes atau semir yang mengandung lilin sangat baik untuk memenjaga dan merawat unsur sepatu, tetapi tidak benar-benar merawat kulit sepatu. Sementara semir cair sangat gampang pemakaiannya, tapi sama halnya dengan wax, tidak benar-benar meresap dan merawat kulit.

Penggunaan Mesin Cuci
Untuk sepatu yang menggunakan bahan-bahan yang bisa dicuci, Anda dapat mengunakan mesin cuci. Lepaskan tali-tali dan semua bagian yang bisa dilepas. Gunakan putaran hangat, bukan panas. Tambahkan detergent biasa.
Tempatkan sepatu pada kantong berisi handuk untuk melindungi mesin dari benturan langsung, atau bisa juga langsung dicuci bersama dengan cucian Anda yang lain. Jangan gunakan pengering (dryer). Biarkan sepatu kering dengan sendirinya atau gunakan handuk

Cara merawat sepatu dengan bahan kulit suede

Tahukan kulit Suede ? Itu.. tuh kulit yang dibalik dan sisamak pada bagian dalamnya. Kalo dijadikan sepatu, maka kulit sepatunya akan seperti beludru. Terlihat bagus, santai dan mewah.

Walaupun terlihat mewan, sepatu berbahan Suede membutuhkan perawatan khusus. Bisa repot kita salah merawat sepatu ini, bersih tidak didapat malah sepatu kita jadi rusak.

Ada beberapa tips yang akan saya bagi pada anda semua.

  1. Gunakan suede protector

Pertama kali Anda membeli sepatu, belilah juga suede protector, semprotkan merata pada sepatu Anda dan sepatu Anda terlindung dari debu dan kotoran. Bisa Anda beli di toko sepatu, harganya sekitar Rp 30.000 – Rp 100.000.

  1. Karet penghapus

Jika debu terlanjur menempel, Anda bisa menggunakan karet penghapus untuk menghilangkan debu yang menempel. Gosok secara merata dan searah serta jangan diberi tekanan yang terlalu kuat. Cara ini yang biasa saya gunakan untuk membersihkan noda-noda yang ringan atau baru.

  1. Penyedot debu

Gunakan penyedot debu untuk menghilangkan kotoran yang membandel, gunakan layaknya Anda menyedot karpet.

  1. Sikat gigi dan air

Sikat gigi digunakan untuk noda yang yerlanjur menempel, seperti lumpur atau cipratan minuman yang tumpah. Caranya basahi sikat dan gosokkan searah pada noda. Agar kering letakkan sepatu pada kipas angin, jangan sekali-kali menjemur sepatu Anda!

  1. Sikat pakaian dan air

kadangkala kita menemukan warna permukaan sepatu kita tidak merata. Dengan sikat pakaian yang halus dan sedikit air, sikatkan searah dari ujung sepatu ke pangkal dengan tekanan dan kecepatan yang sama. Setelah itu letakkan sepatu pada kipas angin, sekali lagi jangan sekali-kali menjemur sepatu Anda!

  1. Suede cleaner

Ingin yang praktis? Semprotkan saja suede cleaner dan sikatlah bagian yang disemrot, beres........

  1. Jaga bentuk sepatu dan kelembabannya

Ada beberapa tips:

· Bila akan lama tidak dipakai, masukkan sepatu ke wadahnya dan isikan koran ke dalam sepatu agar bentuknya terjaga.

· Masukkan silica gel pada kotak sepatu dan kamper agar kelembaban dan baunya terjaga, juga mencegah serangga masuk ke dalam sepatu.

Artikel Terkait:

1 komentar:

yokylie on 25 September 2012 01.00 mengatakan...

Haloo.. utk suede cleaner dan protector dibeli dmn ya?

Thanks


Poskan Komentar